Jumat, 01 November 2013

Memahami seni menjual

Bagian atau departemen penjualan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah perusahaan.
oleh karena itu, dibutuhkan tenaga penjual (sales person) yang profesional. Hal - hal yang membuat tenaga penjual itu penting dan bermanfaat adalah sebagai berikut.

  1. Tenaga penjual merupakan lokomotif perusahaanuntuk mendatangkan omzet penjualan, memberikan laba bagi perusahaan, dan mempertahankan bisnis perusahaan agar tetap berjalan dengan lancar.
  2. Lebih dari 40% perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan membutuhkan tenaga penjual yang terampil untuk membuat bisnisnya tumbuh.
  3. Pendapatan yang diperoleh oleh tenaga penjual bergantung pada omzet yang dihasilkan. Oleh karena itu, terkadang pendapatan tenaga penjual bisa  jauh lebih besar dibanding pekerja di bagian lain.
  4. Sebagian besar tenaga penjual yang hebat hanya membutuhkan ilmu di bidang lain untuk siap menduduki posisi puncak. Hampir sepertiga pimpinan perusahaan berasal dari departemen  penjualan dan pemasaran.
  5. Tenaga penjual berhubungan langsung dengan kebutuhan dan keluhan pelanggan, pasar, perubahan, persaingan, dan peluang. Oleh karena itu, seorang tenaga penjual mempunyai informasi paling awal dan penting untuk dijadikan cikal bakal sebuah bisnis.
Untuk mendapatkan kualitas yang baik dari produk dan bisnis, diperlukan hal – hal berikut.

  1. Direfleksikan dalam setiap kegiatan bisnis, organisasi dan operasional perusahan, tidak hanya pada proses produksi saja. Oleh karena itu, kualitas juga ada didalam pembuatan iklan, promosi, pelayanan, pengiriman, dan pengangkutan.
  2. Memerlukan komitmen total dari wirausaha, direksi, karyawan, pemasok, dan seluruh pelaku bisnis sehingga diperlukan pemahaman dan pelatihan.
  3. Memerlukan mitra yang berkualitas.
  4. Harus terus disempurnakan.
  5. Memerlukan visi yang jauh ke depan.
  6. Tidak harus mahal. Harga mehal belum tentu berkualitas tapi kualitas membutuhkan biaya.
  7. Perlu memelajari segala sesuatu dengan sarana dan prasarana yang benar.

0 komentar:

Posting Komentar